Cara Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Menginstall nya

Cara Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Menginstall nya

tutorial cara menjalankan aplikasi android tanpa menginstall nya - Android saat ini sudah menjadi OS yang paling banyak digunakan, bahkan sudah sampai mengeser jumlah penguna system operasi besutan Microsoft yaitu Windows OS. Ini merupakan sejarah selama berpuluh-puluh tahun windows menjadi OS paling populer dan paling banyak digunakan di dunia.
 

Si robot hijau ini juga telah berhasil menggeser si buah apel sebagai rival utama si robot hijau, dengan peningkatan jumlah aplikasi android (APK) yang saat ini sudah jauh melampaui jumlah aplikasi untuk IOS menjadikan sebagian besar OS untuk smartphone nya.

 
Buat kamu para pengguna android, mungkin pernah ragu-ragu ketika ingin meng-install aplikasi dari Play Store, atau ingin meng-install namun terkendala dengan space intrnal ponsel pintar mu yang sudah menipis. Nah kamu gak usah risau lagi, kenapa? karena sekarang Google telah memperkenalkan fitur install apps.
 

Fitur ini memanfaatkan cloud, nantinya para developer aplikasi android akan membuat APK (Android Package Kit) yang kemudian di-upload ke cloud kemudian di bagi menjadi bagian-bagian yang terpisah sehingga fitur ini akan berjalan di partisi cloud tersebut. Ketika kamu menggunakan fitur ini yang berjalan pada mobile web kamu akan merasakan sepreti menggunakan aplikasi yang telah kamu install, walaupun mungkin fitur dan akses nya dibatasi.

 
Ini merupakan salah satu strategi google selaku pemilik android untuk menggejot pertumbuhan aplikasi serta para developer untuk android, walaupun fitur Try Now ini belum sepernuhnya di aplikasi kan ke semua aplikasi android. Namun kedepan nya mungkin akan di terapkan ke semua aplikasi Android. Kita tunggu saja ya, perkembangan nya. Gimana cara nya? Monggo rangkuman berikut ini.

 

Cara Menggunakan Aplikasi Android Tanpa Menginstall nya


Ada 2 cara yang dapat kamu gunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi android tanpa menginstall nya. “perlu di ingat aplikasi yang akan dijalankan sudah harus mendukung fitur ini mengingat fitur Try Now yang dapat di jalankan saat ini belum semuanya dapat di aplikasi kan ke semua platform aplikasi

 

1.    Menggunakan Instant Apps

 
Cara Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Menginstall nya
Instant App Gif

Instant apps merupakan Project Google I/O 2016 yang di fungsikan untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna smartphone android yang ingin mencoba sebuah aplikasi tanpa harus mendownload dan menginstall nya. Untuk menggunakan Instant Apps di android, cara nya yaitu:

  • Langkah Pertama
Kamu aktifkan terlebih dahulu fitur instant apps di ponsel android kamu, namun fitur ini tidak di dukung oleh semua smartphone dan versi android. Fitur ini dapat kamu nikmati di versi Android 7.1.1 atau Nougat. Silahkan kamu cek sendiri di Ponsel Pintar kamu, ada atau tidak?

"Untuk mengaktifkan nya, silahkan kamu masuk ke menu Setting (setelan) > Google > Instant Apps"

  • Langkah ke-2
Setelah aktif, tinggal kamu cari aplikasi yang mau kamu coba di playstore, jika aplikasi yang mau kamu coba mendukung fitur ini maka ada opsi try now di aplikasi nya.

  • Langkah ke-3
Klik opsi try now tersebut, dan kamu pun sudah bisa menggukan apliksi android tanpa perlu mengunduh dan menginstall nya. Jika kamu cocok dengan aplikasi yang kamu coba tinggal klik download aja deh.

 

2.    Menggunakan Mobile Web Apps

Cara Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Menginstall nya
Mobile Web Apps Gif

Apa sih Mobile Web App itu? Fitur ini merupakan fitur Progressive Web App (PWA) yang ada di android. Fitur ini terhubung dengan browser Google Chrome, nanti nya ketika kamu ingin mencoba sebuah aplikasi kamu dapat membuat shortcut web dari aplikasi yang kamu mau coba. Jadi kamu akan menjalankan sebuah aplikasi dalam mode mobile web. Gimana cara nya? Mudah sekali kok, silahkan di baca:

  • Langkah Pertama
Pastikan kamu memiliki Google Chrome, “kalo belum punya yaa tinggal di download aja di play store”, kemudian buka google chrome nya lalu kunjungi situs PWA yang mendukung ya.

  • Langkah ke-2
Setelah terbuka, silahkan kamu klik opsi di jendela google chrome, lalu pilih Add to Homescreen. Nanti akan muncul shortcut aplikasi di jendela google chrome.

  • Langkah ke-3
Nah setelah muncul icon aplikasi nya, tinggal kamu buka deh. Ketika kamu buka pun tampilan nya, tidak akan jauh beda dengan tampilan aplikasi real.

 
Akhir kata :Gimana pendapat mu? Pasti membantu sekali fitur ini yaa. Kamu bisa menghemat lebih banyak kuota, hemat memori karna gak perlu download dan install aplikasi nya. Udah ada yang coba fitur ini? Ayo Share pengalaman kamu menggunakan fitur try now di kolom komentar.

Selamat mencoba!!!

0 Response to "Cara Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Menginstall nya"

Post a Comment