Harus Tau! Ini Dia Faktor Penyebab Ponsel Android Cepat Panas

Faktor Penyebab Ponsel Android Cepat Panas

Penyebab hp adroid cepat panas - Salah satu keluhan yang sering terdengar dari para pengguna smartphone android adalah terlalu panasnya ponsel android yang digunakan, mungkin kamu juga pernah mengalami hal tersebut dimana hp android yang kamu gunakan cepat panas? bahkan panas yang ditimbulkan pun terbilang tidak wajar untuk sebuh perangkat smartphone, sebagian dari kalian pun bertanya-tanya kenapa ponsel android yang digunakan cepat panas? serta dampak pada android yang cepat panas apa?

 
Ada beberapa factor masuk akal yang dapat kita jadikan sebagai sebab dari cepat panasnya ponsel android kita, salah satunya adalah bermain game terus-menerus tanpa henti hal tersebut sudah pasti menyebabkan kinerja smartphone tersebut menjadi sangat keras dan menyebabkan over-head atau telalu panas. Namun hal tersebut tidak selalu dapat kita jadikan acuan, karena berbeda vendor mungkin saja berbeda. Saya pernah melihat sebuah vidio di youtube dari akun Sobat Hape, yang memperlihatkan perbandingan mana seri ponsel yang paling cepat panas dari beberapa vendor hp ternama. Pada vidio tersebut diperlihatkan beberapa seri ponsel tersebut di uji untuk bermain game dengan rentang waktu yang sama, kemudian diukur temperaturnya dan hasilnya setiap seri ponsel tersebut menunjukkan hasil yang berbeda.

 
Nah buat kamu yang sering mengalami masalah over head pada smartphone adroid yang kamu gunakan, kamu harus tau sebabnya dulu. Setelah kamu tau baru kamu nanti bisa mengantisipasinya. Untuk itu disini saya akan memberikan refrensinya, monggo disimak.

Penyebab Smartphone Android Mudah Panas

Faktor Penyebab Ponsel Android Cepat Panas
Ilustrasi : Penyebab hp adroid cepat panas

1.    Bermain Game
Seperti yang telah dijelaskan tadi, bermain game merupakan salah satu faktor yang dapat mengakibatkan ponsel android menjadi sangat panas. Apalagi game yang kamu mainkan memiliki grafik yang bagus online lagi, udah pasti hp android yang kamu pake buat main game  panas kayak kepanggang.

Harus Tau! Ini Dia Faktor Penyebab Ponsel Android Cepat Panas

Solusinya adalah, pada saat kamu bermain game usahakan berhenti sesaat lalu kamu bisa mulai lagi. Kamu juga harus memperhatikan temperatur di sekitar kamu, bisa jadi kamu main game nya di halaman di saat yang sama matahari lagi panas-panasnya. Gak bagus lho buat hardware hape kamu.

 
2.    Bermain Ponsel Ketika Sedang di Cas
Nah ini nih kebiasaan yang sering di lakuin sama kamu, hayoo ngakuu :D. Soalnya saya juga sering mainan hp apa lagi ada WI-FI tapi kapasitas batrainya udah menipis, yaa di cas sekalian mainan hp. Tapi buat kamu yang gak mau kalo ponsel kamu over head maka hindari bermain hp sambil di cas. Selain menyebabkan ponsel menjadi sangat panas, kebiasaan itu bisa merusak hp kamu lho, terutama batrai dan adaptor ponsel. Boleh sih kalo lagi kefefet, tapi jangan sering-sering deh, sayang hape nya. Iya gak?



Harus Tau! Ini Dia Faktor Penyebab Ponsel Android Cepat Panas

Buat kamu yang gak bisa ngilangin kebiasaan itu kayak saya, solusinya kamu bisa lebih bijak menggunakannya kalo Cuma buat fb-an aja mah masih oke, tapi kalo berlebihan juga gak baik apalagi sambil multitasking.


 
3.    Aplikasi yang Selalu Aktif
Nah buat kamu yang menggunakan antivirus di smartphone kamu harus mempertimbangkan nya dulu jika kamu mau menggunakan antivirus sebagai security untuk ponsel mu, kenapa? harus kamu ketahui bahwa antivirus merupakan program yang akan selalu aktif di latar belakan karena software ini akan selalu memantu system android mu. Sehingga system akan bekerja lebih keras untuk selalu menjalankan antivirus, memang gak ada salahnya tapi jika ponsel di android kamu sudah ada aplikasi antivirus bawaan menurut saya itu sudah cukup utuk melindungi ponsel mu dari virus malware, trojan atau virus lainnya.



Harus Tau! Ini Dia Faktor Penyebab Ponsel Android Cepat Panas

Selain antivirus, aplikasi penghemat batrai “yang katanya bisa menghemat batrai terus mempercepat proses carjer” merupakan software yang sangat boros daya, kok kebalikannya? Iyaa! software ini menurut saya tidak bisa menghemat batrai di ponsel android kamu, alih alih menghemat malah menjadikan ponsel kamu panas. Sejujurnya saya tidak yakin dengan aplikasi ini, gimana menurut mu?

 
Saran saya yaitu, silahkan kamu unistall aplikasi tersebut bagi yang menginstall dan jangan menginstall bagi yang belum menginstall. Beberapa vendor sudah menyematkan pengamanan extra kok dan pasti sudah sangat cukup. O ya, jangan menginstall antivirus lebih dari satu karena bisa menyebabkan crash atau bentrok, nanti ponsel yang kamu gunakan bisa

 
4.    Menggunakan Screen Saver
Screen saver merupakan gambar bergerak yang biasanya digunakan sebagai latarbelakang, umumnya screen saver digunakan oleh orang untuk mempercantik tampilan android dan membuatnya lebih hidup. Ada banya pilihan screen saver yang bisa digunakan, salah satunya yaitu screen saver akuarium. Saran saya sih gak perlu menggunakan screen saver, karena untuk dapat menjalankan screen saver membutuhkan daya batrai yang lumayan banyak, apalagi ditambah denangan kecerahan yang penuh, buat apa tampilan bagus kalo boros batrai. 



Harus Tau! Ini Dia Faktor Penyebab Ponsel Android Cepat Panas

Tidak ada yang melarang menggunakan screen saver untuk mempercantik layar ponsel memang
 
5.    Karena Jaringan
Faktor yang ke lima berkaitan dengan jaringan atau sinyal.
Untuk lebih gamblang nya saya jelaskan, perumpamaannya seperti ini, ketika kamu berada di lokasi yang minim siyal misalkan kebun atau lokasi yang jauh dari kota lalu kamu memaksa untuk mengaktifkan jaringan data untuk internetan maka yang terjadi adalah ponsel android kamu akan di paksa untuk mencari sinyal yang sebenarnya sangat sulit untuk didapatkan, sehingga ponselmu akan menjadi panas dan dapat menguras lebih banyak daya batrai.


Harus Tau! Ini Dia Faktor Penyebab Ponsel Android Cepat Panas


saran saya kalau lokasi itu hanya mencangkup jaringan EDGE bukan HDSPA akan lebih baik kalian buka pengaturan jaringan dan ubah mode jaringan jadi kusus EDGE , dengan begitu hp akan meminimalisir kinerja keras untuk sekedar mencari sinyal , lagi pula jaringan EDGE masih mampu kok buka facebook maupun Whatsapp.


Sekian dari saya :
Nah mungkin segitu saja artikel yang saya sampaikan mengenai faktor-faktor yang dapat membuat smartphone android kesayangan mu menjadi panas dan boros daya batrai. Tapi faktor-faktor yang saya sampaikan diatas bukan untuk kamu hindari, karena mungkin kebutuhan dan cara pandang orang berbeda. Intinya bijak-bijak saja dalam menggunakan ponsel android, jika tidak mau ponselmu panas dan boros batrai.

Kamu tau faktor lain yang menyebabkan ponsel android menjadi over-head, ayo Share di kolom komentar.

0 Response to "Harus Tau! Ini Dia Faktor Penyebab Ponsel Android Cepat Panas"

Post a Comment