5 Cara Ampuh Mengoptimalkan Ponsel Android Yang Lemot

5 Cara Ampuh Mengoptimalkan Ponsel Android Yang Lemot
Ilustrasi : Hp Android Lemot

Tutorial cara mengatasi hp android lemot  - Kamu kesal dengan Smartphone Android mu yang ngelag-ngelag? lemot ? lelet ? atau hal serupa yang membuat kamu kesal kenapa Ponsel mu berjalan dengan performa yang tidak semertinya. Bagi para pengguna ponsel android masalah diatas merupakan masalah klasik yang paling sering dikeluhkan oleh para pengguna android.

 
Karena beberapa faktor masalah lemotnya hp android sering muncul, tapi tidak usah risaw Masalah ini bisa kok diatasi dengan beberapa cara, cara simplenya kamu bisa coba restart smartphone androidmu. namun cara alternative itu tidak selalu sukses. untuk itu disini saya akan menyampaikan tipsnya agar smartphonemu berjalan sebagai mana mestinya dan tidak lemot lagi.

 
Berikut Ini Tips Dan Caranya :
1.    Menghapus Widget Dan Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

•    Menghapus Widget
Bagi beberapa orang yang menggunakan android, mungkin sering bosan dengan tampilan setandar dari android lalu menambahkan widget yang merupakan salah satu fitur yang ada di setiap ponsel android, sebagai pintasan atau hanya sebagai pemanis tampilan saja. namun harus diperhatikan penambahanya, terlalu berlebihan menggunakan widget akan menggangu kinerja dari sistem android itu sendiri.

 
Untuk mengatasi masalah lemot karena terlalu banya menggunakan widget kamu perlu menghapus Widget yang tidak penting, yang hanya akan memakan banyak memori dan mengganggu performa dari system. toh kamu masih bisa mengakses aplikasinya, widget hanya sebagai pintasan saja dari pada ponsel android kita lemot lebih baik kita tidak menggunakan widget.

 
•    Menghapus aplikasi yang tidak penting
Dengan berbagai macam aplikasi yang yang ditawarkan oleh developer-developer aplikasi android. Beberapa dari kita penasaran dengan aplikasi terbaru lalu mulai mendownload nya, setelah itu sangat banyak beberapa orang

 
2.    Mengunakan Custom ROM
Custom ROM merupakan sebuah sistem operasi android yang telah di modifikasi sedemikian rupa sehingga mempermudah penggunanya dalam berkreasi. untuk mengoptimalkan performa dari android kamu, kamu bisa menggunakan Custom ROM, berbeda dengan Stock ROM. custom rom biasanya lebih ringan sehingga memori yang digunakan untuk menjalankan sistem android menjadi lebih ringan.


beberapa custom rom yang dapat kamu coba diantaranya :
 
•    Dirty Unicorn adalah ROM open source berbasis Marshmellow ini memgunakan CyanogenMod dengan tambahan beberapa fitur status bar dan banyak pengaturan lain yang telah dimodifikasi sedemikian rupa.

 
3.    Menonaktifkan Aplikasi Bawaan HP Android
aplikasi bawaan atau Bload Ware merupakan aplikasi yang sudah ada sebelumnya pada ponsel android ketika kamu membeli sebuah smartphone umumnya sebagai aplikasi standar. tetapi beda vendor biasanya beda juga jenis serta jumlah aplikasi bawaannya. misalnya saja asus yang memiliki lebih dari 15 alplikasi bawaan, sebagai perbandingan aplikasi bawaan biasanya tidak bisa di unistall sedangkan aplikasi yang di download bisa di unistall. beberapa aplikasi bload ware mungkin kita butuhkan, tapi dengan banyaknya aplikasi bloadware tentunya tidak semua kita gunakan namun kita juga tidak bisa menghapusnya, tentunya hal itu membuat kamu kesal "gk dipake tapi gk bisa dihapus".

 
untuk mengatasinya cara satu-satunya yaitu adalah dengan menonaktifkan aplikasi tersebut. dengan begitu aplikasi tersebut pun tidak memakan banyak memori RAM, untuk lebih mengoptimalkannya kamu bisa gunakan aplikasi pihak ke-3 atau aplikasi bawaan (jika ada) untuk membersihkan cache aplikasi yang sudah menupuk secara rutin.

 
5. Mengaktifkan Airplane Mode
Salah satu penyebab Android lambat adalah banyaknya lalu lintas data keluar  dan masuk di Android kita. Buat kamu yang merasa smartphone androidmu melambat atau lemot, kamu bisa coba mengaktifkan Airplane Mode, karena dengan mengaktifkannya semua lalu lintas data akan dimatikan sehingga membuat smartphone akan menjadi lebih cepat.
“Intinya adalah jika kamu ingin ponsel android yang kamu gunakan tidak lemot, gunakan lah dengan bijak dengan memperhatikan spesifikasi dari ponselmu”

 
Akhir Kata :
Itulah beberapa tips dari saya untuk mengoptimalkan ponsel android agar smartphone android kamu berjalan sebagaimana mestinya, dan tidak lemot lagi. Silahkan kamu aplikasikan cara-cara diatas!! Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 Response to "5 Cara Ampuh Mengoptimalkan Ponsel Android Yang Lemot"

Post a Comment