Inilah 7 Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger, Wajib Tahu!

Inilah 7 Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger, Wajib Tahu!
Perbedaan WhatsApp Bussiness dengan WhatsApp Messenger

Perbedaan Wa Messenger dengan Wa Bussiness - Selain terkenal karena rajin dalam melakukan update, WhatsApp pun memecah versi WhatsApp nya menjadi 2, yang akhirnya  baru2 ini WhatsApp merilis WhatsApp Business yang telah diperkenalkan dalam format beta pada September 2017 lalu.


Kabar baiknya, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang sudah bisa menggunakan WhatsApp Business pada platform Android bersama 4 negara lain diantara nya Italia, Meksiko, Inggris serta Amerika Serikat. Lalu, apa sih perbedaan WhatsApp Messenger dengan WhatsApp Business?


Seperti namanya, WhatsApp Business ini menyasar kalangan pebisnis, mulai dari perusahaan besar hingga UKM. Sehingga nantinya pebisnis yang menggunakan WhatsApp Business dapat lebih komunikatif dengan konsumennya, konsep ini serupa dengan konsep yang diusung oleh aplikasi Line@.


Nah, bagi kamu yang mau tau lebih tentang perbedaan antara WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business. Berikut ini saya rangkum perbedaan nya.


1. Perbedaan Logo
Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang terkenal dengan logo gambar telepon WhatsApp Business menggunakan huruf kapital "B" dengan latar warna hijau khas WhatsApp.


2. Penggunaan no hp
Perbedaan lain juga terlihat pada penggunaan no untuk mendaftar nya, WhatsApp Messenger yang menggunakan nomor ponsel, WhatsApp Business bisa menggunakan sekaligus menambahkan nomor telepon rumah atau kantor meskipun sah-sah saja menggunakan nomor seluler. 

Namun, pihak WhatsApp tetap menyarankan untuk tidak mengganti-ganti nomor seluler dan menentukan satu nomor ponsel yang permanen. Menggunakan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger dalam satu perangkat yang sama bisa saja dilakukan, tetapi Anda harus menggunakan nomor yang berbeda untuk masing-masing aplikasi tersebut.


3. Bisa membalas pesan secara otomatis
Fitur ini memungkinkan pebisnis untuk dapat menyetel balasan secara otomatis jika mendapat pertanyaan yang sama dari konsumen. Pengguna Wa ini juga bisa menggunakan Pengaturan ini untuk mengirim pesan otomatis untuk menyambut konsumen baru. Dan pastinya Fitur khusus ini tak ditemukan di WhatsApp Messenger biasa atau yang bertujuan personal.


4. Lihat statistik pesan terkirim dan yang diterima
Dengan fitur ini, pebisnis bisa melihat statistik atau laporan jumlah serta waktu pesan terkirm dan pesan yang diterima. Tentu saja fitur ini tidak didapatkan di WhatsApp Messenger biasa dimana sering kali pengguna justru menyembunyikan informasi jika pesan telah dibaca.


5. Bisa memilih kategori bisnisnya
Selain menginformasikan profil perusahaan, seperti jam operasional, situs resmi, dan lokasi, pebisnis juga dapat memilih kategori bisnis yang tersedia. Karena tidak hanya untuk perusahaan besar, WhatsApp Business juga terbuka untuk UKM dan usaha kecil lainnya. Jadi jika kategori bisnis tidak / belum terdapat di pilihan yang tersedia, bisa memilih kategori "Others" atau "Lainnya".


6. Centang Hijau
Perbedaan lain yaitu, WhatsApp Messenger biasa tidak memerlukan proses verifikasi, sedangksn pada WhatsApp Business akan melakukan verifikasi pada akun pebisnis. Berbeda dengan lencana centang biru pada akun terverifikasi di Instagram atau Twitter, akun yang telah diverifikasi oleh WhatsApp Business akan diberikan  berwarna hijau.

"Jika Kamu melihat tanda lencana hijau di sebelah nama kontak, itu berarti WhatsApp Bussiness telah memverifikasi jika nomor tersebut benar milik perusahaan",.

7. Mengkategorikan pesan masuk berdasarkan  "Labels" tertentu
Fitur baru yang sebelumnya belum ada di versi beta ini memungkinkan pebisnis dapat mengkategorikan pesan masuk tertentu sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisir serta rapi.

Sekian dari saya :
Mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan tentang apa perbedaan WhatsApp Messenger biasa dengan WhatsApp Business. Fitur nya mungkin akan terus ditingkatkan, jadi kita tunggu saja perkembangan nya ya sob.

Gimana pendapat kamu? Ayo Share di kolom komentar ya sob

0 Response to "Inilah 7 Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger, Wajib Tahu!"

Post a Comment