4 Fungsi Google Drive (cloud storage) yang Wajib Kamu Ketahui

4 Fungsi Google Drive (cloud storage) yang Wajib Kamu Ketahui
Google Drive
Fungsi google drive - Ada yang belum tahu apa itu Google Drive kan? pasti udah pada tau dong!  dilihat dari namanya saja sudah telihat bahwa ini merupakan drive virtual, storage virtual, atau apapun itu yang memiliki makna bahwa aplikasi google drive merupakan Aplikasi buatan Google yang memiliki fungsi utama sebagai penyimpanan gratis di internet (cloud storage). aplikasi ini secara default biasanya sudah ada di smartphone bersistem operasi android, walaupun tidak semua.

Tapi masih banyak yang mengangap aplikasi ini tidak begitu penting, karen kamu tidak membutuhkannya lalu meng-uninstall atau menon aktifkannya. mungkin itu wajar, karena kamu mungkin saja belum mengetahui fungsi dari Google Drive yang sebenarnya sangat bermanfaat dan mungkin saja fungsi-fungsi tersebut suatu saat nanti kamu butuhkan, bukan hanya sebagai storage di internet namun masih ada fungsi-fingsi lainnya. nah bagi kamu yang belum mengetahui fungsi apa saja di google drive, kali ini warnaandroid akan memberikan refrensinya buat kamu. disimak yaa!!!

Inilah 4 Fungsi Sebenarnya Dari Google Drive


1. Sebagai Tempat Untuk Menyimpan File-File Penting

4 Fungsi Google Drive (cloud storage) yang Wajib Kamu Ketahui
Sebagai tempat untuk menyimpan file-file penting


Ada yang bingung gimana caranya menyimpan ijazah, raport, kartu keluarga, atau file-file penting yang sebenarnya rawah rusak atau hilang? Dan pastinya file-file tersebut sangat krusial karena suatu saat nanti dibutuhkan. Pasti sebagian besar orang tidak akan berfikir untuk menyimpannya di google drive, orang akan langsung berfikir untuk menyimpannya di lemari, kotak penyimpanan, berangkas dll yang ada di dunia nyata. Jika kamu memiliki akun gmain maka secara otomatis kamu sudah memiliki akun google drive + storage yang diberikan secara Cuma-Cuma oleh google, google drive juga bisa diakses di multi platform (windows, Mac OSX, IOS Crome OS dll) bukan hanya di android.

Kenapa kamu harus menyimpan file-file penting di google drive? Karena kamu tidak akan tau apa yang akan terjadi pada file-file tersebut, bisa jadi hilang karena rumah mu terkena musibah dll. Untuk itu menyalin file-file yang kamu miliki ke google drive menjadi alternative yang harus kamu jadikan antisipasi jika terjadi sesuatu dengan file-file pentingmu.

2. Berbagi File Berukuran Besar

4 Fungsi Google Drive (cloud storage) yang Wajib Kamu Ketahui
Share file-file berukuran besar


Google drive juga dapat kamu jadikan media untuk berkirim file yang ukurannya cukup besar lho, berbeda ketika kamu berbagi file dengan aplikasi social media yang biasanya ada batasan kapasitas maksimal. Dengan google drive kamu bisa berbagi file ke teman dengan mudah dan dengan kapasitas yang besar pula. Kamu bisa berbagi file lewat tautan yang ada di google drive. Menyenangkan bukan.

3. Hosting Website
 
4 Fungsi Google Drive (cloud storage) yang Wajib Kamu Ketahui
Web hosting
Kamu tidak berfikir bahwa google drive dapat kamu jadikan untuk wadah hosting web bukan? Hosting merupakan wadah untuk menyimpan file-file yang dibutuhkan website seperti HTML, CSS, Java Scribt dan lainnya. Nah dengan memanfaatkan google drive kamu bisa memiliki hosting gratis.

4. Untuk Back Up File 

4 Fungsi Google Drive (cloud storage) yang Wajib Kamu Ketahui
Untuk backup file
Kamu memiliki file-file yang berukuran besar dan banyak namun bingung untuk membackup nya, Google drive dapat kamu andalkan untuk back-up file-file yang kamu miliki tersebut. Karena jika dibandingkan dengan menyimpannya di drive fisik seperti di flashdisk, harddisk atau drive fisik lainnya yang rentan rusak dan mudah terkena virus maka google drive jauh lebih baik dan aman pastinya. Untuk itu alangkah baiknya jika kamu memiliki salinan file-file penting seperti foto dan file penting lainnya di google drive.


Gimana menurutmu? Bermanfaat bukan storage punya nya google ini. Gak afdol rasanya kalo kamu gak coba sendiri, silahkan kamu coba biar tau manfaatnya.
Kamu tau fungsi lain dari google drive? Ayo share di kolom komentar.




0 Response to "4 Fungsi Google Drive (cloud storage) yang Wajib Kamu Ketahui"

Post a Comment