6 Aplikasi Lite yang Ringan dan Pastinya Membuat Irit Kuota

6 Aplikasi Lite yang Ringan dan Pastinya Membuat Irit Kuota
Aplikasi Lite

Smartphone dan aplikasi merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan, smartphone (hardware) diumpamakan sebagai rumah dan aplikasi (software) sebagai penghuninya yang keduanya saling melengkapi. Dengan semakin banyaknya smatphone yang memiliki spesifikasi berbeda-beda, serta aplikasi yang memiliki keuinikan dan keungulan masing-masing, mungkina akan membuat kamu kebingungan memilih perpaduan yang mana?

Dengan beragam pilihan, ada 2 hal yang menjadi dambaan para pengguna smartphone, yaitu kuota yang banyak dan irut serta ruang penyimpanan yang banyak dan irit serta ruang penyimpanan yang luas. Menyadari pentingnya hal tersebut disini saya akan memberikan solusinya serta refrensinya, supaya kuota internet lebih irit dan ruang internal tidak cepat penuh. Dalam hal ini, saya akan memberikan refrensi dari aplikasi-aplikasi Lite yang wajib kamu install agar data internet dan ruang internal smartphone mu bisa lebih luas.

 

6 Aplikasi yang Ringan dan Paling Irit Kuota


Buat kamu pengguna smartphone pasti aktif di sosmed, sering chating dengan teman, VC-an dengan pacar sampai striming video di youtube. Hal tersebut pasti membutuhkan kuota yang cukup besar, supaya aktifitas mu tidak terganggu karena aplikasi sosmednya boros kuota. Kamu wajib mencoba 6 aplikasi berikut.

 
  • 1. Facebook Lite
6 Aplikasi Lite yang Ringan dan Pastinya Membuat Irit Kuota
Foto : Google Play Store | Facebook Lite
Diurutan pertama ada aplikasi sosmed terpopuler di muka bumi saat ini, yaitu facebook. Ada 2 jenis facebook yang dapat kamu gunakan pertama yang biasa dan yang kedua facebook Lite. Secara fungsi keduanya memiliki fungsi yang sama namun facebook Lite memiliki kelebihan tersendiri, yaitu lebih ringan dan hemat kuota. Bisa dibilang facebook Lite merupakan aplikasi pelopor aplikasi Lite. Bayangkan saja facebook Lite hanya berkapasitas kurang dari 2 MB saja, facebook Lite dapat menghemat kuota berkali-kali lipat dari facebook biasa. Fiturnya pun cukup lengkap seperti halnya facebook biasa.

So mengingat fungsi yang kurang lebih sama namun facebook Lite dapat menghemat kuota yang cukup besar, facebook Lite dapat dijadikan rekomendasi. Intinya sama-sama untuk social media.

 
  • 2. Messenger Lite
6 Aplikasi Lite yang Ringan dan Pastinya Membuat Irit Kuota
Foto : Google Play Store | Facebook Messenger Lite
 Jika diatas ada facebook, di posisi ke-2 ada aplikasi messengin no 1 didunia saat ini, sama seperti facebook. Messenger juga memiliki 2 versi, yang Lite dan yang biasa. Messenger Lite sebenarnya masig satu platform denga facebook, namun messenger Lite didisain khusus untuk chating. Denga ukurang yang keci serta hanya membutuhkan ruang sekitar 5 MB saja menjadikan messenger Lite sebagai aplikasi messenging  teringan.

Sama seperti kembarannya, dengan messenger Lite kamu dapat chating dengan teman di facebook karena memang messenger merupakan inbox dari facebook, melakukan panggilan telepon, berkirim foto atau video bahkan melakukan VC/Vidio Call.

 
  • 3. Twitter Lite
6 Aplikasi Lite yang Ringan dan Pastinya Membuat Irit Kuota
Foto : google.com | Twitter Lite
Ada yang menggunakan twitter sebagai aplikasi sosmed nya? Pasti banyak dong! Mengikuti hal yang dilakukan facebook pada aplikasi Litenya, salah satu social media terpopuler ini juga membuat versi Lite dari aplikasi twitternya.

Dengan menggunakan twitter Lite kamu akan lebih banyak menghemat kuota dengan tampilan yang simple dan ringan dibandingkan dengan versi biasanya.

 
  • 4. Line Lite
6 Aplikasi Lite yang Ringan dan Pastinya Membuat Irit Kuota
Foto : Google Play Store | Line Lite
Jejaringa social yang popular karena line today dan line web toonnya ini merupakan salah satu social media yang cukup popular di Indonesia, social media yang satu ini juga mempunai versi Lite, fitur yang disematkan di versi Lite nya ini merupakan fitur pokok yang ada di aplikasi line biasa, serperti teks dan sticker sehingga membuat line Lite jauh lebih ringan dan irit kuota jika dibandingkan dengan line dengan versi biasa.

Memiliki tampilan yang minimalis, sasaran utama line Lite kebanyakan adalah pasar dengan jaringan internet yang masih lambat serta smatphone dengan spesifikasi rendah. Kamu sudah coba LINE Lite?

 
  • 5. Skype Lite
6 Aplikasi Lite yang Ringan dan Pastinya Membuat Irit Kuota
Foto : google.com | Skype Lite
Yang hobi Vidio Call-an sama pacarnya tapi gak mau boros kuota, wajib nih coba aplikasi Vidio Call yang paling banyak digunakan didunia ini. Dengan begitu kamu akan menghemat lebih banyak kuota walaupun sedang melakukan video call.

 
  • 6. Youtube Go
6 Aplikasi Lite yang Ringan dan Pastinya Membuat Irit Kuota
Foto : Google Play Store | Youtube Go
Diurutan terakhir ada youtube go. Ini merupakan versi Lite dari versi youtube biasa, hayoo!! Ada yang belum tau dengan youtube go? Berbeda dengan versi Lite dari facebook yang sudah banyak diketahui orang, youtube go masih berlum banyak yang tau. Dengan ukurang yang memori yang hanya 20 MB membuat youtube go jauh lebih ringan dari youtube biasa. Seperti halnya fersi Lite aplikasi lain, fitur yang ada di youtube go merupakan fitur pokok yang ada di versi biasanya. Namun kamu gak perlu hawatir karena karena dengan youtube go kamu juga tetap dapat mendownload video di youtube untuk di tonton secara offline lo.

Youtube go juga memiliki fitur kompresi video, sehingga untuk striming di youtube go menjadi lebih hemat kuota serta kamu dapat melihat video tanpa buffering walaupun dalam jaringan yang tidak terlalu baik.


Nah itulah deretan aplikasi Lite teratas yang pastinya ringan dan hemat kuota, cocok banget buat kamu para netter yang hobi bersosial media namun masih mau irit data internet.


Jika saya disuruh memilih aplikasi versi Lite atau yang versi yang biasa, saya akan memilih yang Lite! Kenapa? Karena mengingat kelebihannya dibandingkan versi yang biasa dengan fitur dan fungsi yang kurang lebih sama. Bagaimana dengan kamu?

0 Response to "6 Aplikasi Lite yang Ringan dan Pastinya Membuat Irit Kuota"

Post a Comment